Powered by Blogger.

MEMBERSIHKAN SISA LEM DENGAN MINYAK KAYU PUTIH

Tuesday, October 4, 2011

Seringkali kita kesal dengan sisa lem stiker yang masih nempel di body mobil, sepeda motor, alat-alat elektronik, maupun alat-alat listrik. Alih-alih ingin membersihkannnya dengan cairan bensin, justru kejengkelan itu semakin bertambah karena ternyata bensin merusak permukaan perangkat dan kadang meninggalkan bekas yang abadi. Untuk mengatasinya, cobalah cara alami, yakni mengoleskan minyak kayu putih.

Pohon Kayu Putih di Gunungkidul (Foto oleh Wadiyo)
Minyak kayu putih sendiri dibuat dari daun pohon kayu putih yang banyak terdapat di daerah pegunungan, termasuk beberapa kecamatan di Kabupaten Gunungkidul seperti Kecamatan Paliyan, Patuk, Panggang, Nglipar, Karangmojo, dan Playen. Pohon ini umumnya tumbuh hingga mencapai 20 meter. Namun karena pertumbuhan daun dan dahannya yang relatif cepat, pohon ini sering dipangkas untuk diambil daunnya untuk dijadikan minyak kayu putih olahan di pabrik-pabrik besar di negeri ini.

Sebagai salah satu penyembuh mujarab untuk meringankan sakit perut, rasa mual, atau gatal-gatal akibat gigitan serangga, minyak kayu putih tentunya sangat familiar di telinga kita. Minyak ini telah diproduksi secara luas dan menjadi salah satu yang direkomendasikan ada bagi mereka yang mempunyai anak bayi. Beragam merk dan ukuran botol pun telah tersedia di toko-toko obat maupun supermarket.

Kembali ke manfaat lain dari minyak kayu putih. Untuk menghilangkan noda bekas lem stiker, ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Ambil daun dari pohon minyak kayu putih secukupnya;
  2. Tumbuk serta haluskan daun tersebut hingga minyaknya keluar;
  3. Saring dan ambil cairan minyaknya;
  4. Oleskan minyak tersebut ke kain halus;
  5. Gosokkan kain secara pelan di area bekas lem;
  6. Ulangi menggosokkan kain tersebut merata ke area yang masih terdapat bekas lem secara perlahan dengan sedikit tekanan;
  7. Lap sisa cairan minyak dengan kain kering.

Tentunya, cara itu berlaku jika Anda dekat dan memiliki pohon kayu putih. Jika tidak ada akses untuk memetik daun tersebut, tentunya minyak kayu putih olahan yang tersedia di botol-botol kecil dapat langsung Anda manfaatkan untuk menghilangkan noda bekas lem. Namun demikian, hendaknya dalam mengaplikasikan cara ini, Anda harus memperhatikan beberapa hal termasuk bau dan lelehan minyak yang dapat saja masuk ke bagian mesin alat-alat elektronik dan menimbulkan efek yang tidak kita harapkan.  Selamatbereksperimen.

2 comments:

paulherwanto October 4, 2011 at 8:35 PM  

Mungkin lbh mudah menggunakan sedikit minyak goreng, dan cara ini cukup aman krn tidak berdampak pada permukaan cat, plastik atau benda-benda lainnya, setelah itu bilas dengan sedikit sabun untuk menghilangkan lapisan minyak.

Andy October 4, 2011 at 9:06 PM  

Makasih infonya Gan, menambah wawasan serta pengetahuan kita bersama. Makasih juga kunjungannya. Sukses selalu.

Post a Comment

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP